Film-Film Iwan Fals

Penyanyi ini bernama asli Virgiawan Listanto atau lebih dikenal dengan nama Iwan Fals. Iwan merupakan musisi legendaris dalam dunia musik Indonesia.Banyak orang yang menggilai sosok Iwan Fals,meskipun kin telah marak demam Boy band di Indonesia dengan menawarkan musik yang lebih modern.Tetapi pesona Iwan Fals tidak mudah luntur oleh penikmat musik,sebab adanya ciri khas yang sangat kental dari setiap karya-karyanya yang pantas dikagumi.Selain lagu-lagunya,Iwan Fals juga telah berakting di beberapa film Indonesia.

Beberapa film indonesia yang pernah dibintangi Iwan Fals antara lain :

•  Damai Kami Sepanjang Hari (1985)

Di film ini Iwan Fals berperan tidak jauh dari kehidupan aslinya. Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang anak muda yang menggapai kariernya sebagai musisi namun memiliki banyak halangan. Lewat mengamen anak muda tersebut memulainya. Ia harus menafkahi adik-adiknya yang masih kecil karena kedua orang tuanya meniggal dunia. Film ini disutradarai oleh Sophan Sophiaan.

Kantata Takwa (1990)

Film dokumenter ini baru dirilis pada tahun 2008. Pemain dalam film ini yaitu W.S. Rendra,Iwan Fals,Sawung Jabo,Setiawan Djodi,Jockie Surjoprajogo,dan Clara Sinta Rendra. Film arahan sutradara Eros Djarot dan Gotot Prakosa merupakan ulasan konser akbar proyek seni Kantata Takwa di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada tahun 1991. Film ini memerlukan waktu pembuatan hingga 18 tahun sampai dirilis karena mengalami berbagai kendala dalam pembuatannya. Hal ini dikarenakan film ini mengandung tema sosial politik dan banyak kritikan dalam film yang sangat mengarah pada sistem pemerintahan saat itu yaitu Orde Baru Indonesia.

•  Kekasih (2008)

Dengan berlatar budaya jawa, tepatnya yogyakarta. Film ini bertema tentang seseorang yang mencari cinta sejati. Film ini merupakan pengobat rindu Iwan Fals berakting dalam film layar lebar meski dala film ini Iwan Fals hanya berperan sebagai cameo. Iwan Fals berperan sebagai penyanyi cafe di film yang disutradarai Wisnu Adi ini. Ia menyanyikan lagu Aku Milikmu bersama Pongky “Jikustik”.

  •  Mama Cake (2012)

Sebuah film drama comedy pop urban tentang perjalanan sehari semalam dari tiga orang sahabat, Rakha (Amanda Omesh), Willy (Boy William) dan Rio (Arie Dagienkz) dalam membeli sebungkus brownies MAMA CAKE, permintaan seorang nenek yang sedang sakit keras. Disini Iwan Fals mengisi soundtrack film tersebut dengan menyanyikan kembali lagu Belum Ada Judul yang ia ciptakan pada tahun 1990-an.

Mengambil tempat di dua kota: Jakarta dan Bandung, dinana pada kedua kota besar inilah terjadi invasi besar-besaran akan arus budaya dan pemikiran barat yang telah jauh mengikis bangsa Indonesia dari nilai-nilai agama dan budaya ketimuran yang konon melekat erat disana.

  •  Mursala (2012)

Film layar lebar Mursala, yang diproduksi Raj’s Production,film akan segera dirilis akhir tahun 2012 ini.Film yang dibintangi artis peran Rio Dewanto bersama Anna Sinaga Film Mursala sendiri mengangkat cerita budaya Batak tentang 70 marga yang berbeda dan tidak boleh nikah sampai sekarang. Keindahan panorama daerah Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, juga ditampilkan dalam film tersebut.Penyanyi legendaris Iwan Fals khusus menciptakan lagu berjudul Mursala untuk mengisi soundtrack film tersebut. Film yang disutradarai Viva Westi itu juga dibintangi oleh Titi Sjuman, Mongol, Tio Pakusadewo, Rudy Salam, Roy Ricardo, serta Elsa Syarief.Sayangnya film ini dicekal dan tidak boleh ditayangkan.

Perbedaan karakter, pemikiran dan gaya hidup yang sangat jelas dari ketiga sahabat itu pun membawa konflik dan mengangkat isu-isu tajam seputar agama dan social. Hingga akhirnya mereka dihadapkan pada persimpangan dimana persahabatan, cinta, takdir dan tujuan hidup menjadi pilihan yang nyata dalam hidup mereka

Dari setiap film yang dibintanginya, Iwan Fals mengaku pasti melihat dan memilih dulu sebelum memutuskan untuk berperan dalam semua filmnya. Dia juga mengungkapkan bahwa sebenarnya dirinya bukan penggemar film, dia hanya sekedar menonton dan tidak begitu memikirkan jalan cerita atau menghapal para pemainnya. Namun Iwan Fals selalu memperhatikan pesan dan makna dari setiap film yang dimainkannya.

Perihal falssumbang
Fals Mania

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: